Pernyataan Sikap Bersama: Argiris Dallios dan Fivos Harisis

Pernyataan ini dibacakan terkait persidangan yang dilangsungkan di penjara Koridallos, pada 3 Februari 2014. Untuk latar belakang kasus, silahkan baca di sini [klik link]

Di dalam masa kami, seperti juga di masa lalu, sebagian berada di dalam api dan sebagian lagi menyorakinya.

Untuk berjuang, tentu memiliki resiko. Resiko untuk kehilangan.

Dari emosi-emosi dan kebersamaan menuju kebebasan itu sendiri.

Saat kau memilih resiko untuk hidup tanpa otoritas, seseorang harus menyelam dan terbakar di dalam api… Jika waktu itu benar-benar ada,

kau dapat menghitung mundur dagingmu yang terbakar.. Atau memandangi mata-mata yang membeku selamanya di batas yang dapat dicapai.

Di sebuah tanggal yang lain, sebuah persidangan dengan tuduhan yang kurang lebih sama. Meskipun setiap persidangan terlihat memiliki sedikit perbedaan, hal itu sebenarnya tidaklah penting. Lagipula, kau mencoba dan terus mencoba untuk mengetes sikap kami yang menentang hukum, mimpi anarki kami dan resiko-resiko di perjuangan hidup harian. Dan tentu saja, kesalahan-kesalahan, menyembur ke tujuanmu untuk menuduh kami.

Terus bernafas dari balik penjara saat ini, kami memastikan bahwa kami memandangi sebuah bagian di langit yang didedikasikan bagi kami sebagai individu-individu yang menolak tunduk seperti juga ketika kami berada di luar -sebuah masa yang tidak perlu kau ketahui- bersama kawan-kawan dan para kamerad kami menyusun rencana, menjadi subversif, bertarung dengan segenap hati dalam perjuangan untuk kebebasan. Bergerak secara anonimus dalam sepersekian detik dan melakukan serangan mendadak yang mengejutkan waktu metropolis atau berjalan di samping kamerad anonimus lain di jalanan.

Mari pastikan bahwa kau tidak berpikir bahwa hukuman-hukumanmu akan “memperbaiki” tujuan-tujuan kami.

Karena hal ini menyumbang dan membentuk ketidakadilan dan kekecewaan yang dihasilkan oleh dunia-mu.

Karena mereka secara tegas menolak menutup mata di hadapan kemelaratan umum yang mana kau menjadi wakilnya.

Karena pengalaman-pengalaman kami selama tahun-tahun ini di masyarakatmu yang rusak ini, yang apatis dan teralienasi dan subjugasi adalah alasan yang lebih dari cukup bagi kami untuk tidak melangkah mundur.

Karena pada akhirnya jika ada sesuatu yang berharga di perjuangan ini yang kami telah berikan adalah bahwa kami HIDUP dengan harga diri di masa kami dan hal ini tidak bisa kau hakimi atau batasi, tak peduli berapa banyak tahun yang kau sediakan untuk memenjarakan kami di ruang-ruang rehabilitasimu.

Jika saja kami dapat mengumpulkan ke dalam satu buku seluruh rasa sakit dari orang-orang yang kau hukum, jika saja kami dapat menyimpulkan dalam satu halaman (sighs) dari hukuman-hukuman dan air mata yang telah mengeras itu, maka sebutir peluru di kepala-mu tidak akan pernah “cukup” …

Kau bersamaan dengan seluruh inferior artisitik yang menciptakan iklim histeria teror dengan tujuan untuk menghukum kami dengan masa yang lama, mengubur kami di penjara dengan pengamanan maksimum dan menjustifikasi berbagai jenis kudeta judisial di dalam hidup kami. Jadi kami dapat melihat akhir dari “kesuksesan” yang kau mainkan, keajaiban dari koreksi. Mari menunggu dengan tegang jika kau bisa memenangkan taruhan yang telah kau tentukan: eksterminasi kami.

Biar kami ingatkan bahwa dunia-mu memiliki ruang yang lebih luas dari seseorang yang berada di dalam penjara dan milyaran jiwa lain yang terperangkap, terjebak dalam lubang-lubang kebiasaan, rutinitas, repetitif menjijikan datang dan pergi, PASIFISME SECARA MASSAL.

Selalu menginginkan dengan sadar
Di samping kebebasan yang dirindukan

Argiris Dallios
Fivos Harisis

Source: Act For Freedom