Pernyataan Giorgos Sarafoudis

Pernyataan ini dibacakan terkait persidangan yang digelar di penjara Koridallos, pada 3 Februari 2014. Keterangan mengenai latar belakang kasus, silahkan dibaca di sini: [klik link]

Sebuah persidangan teror, sebuah pengadilan di dalam penjara, di mulai hari ini. Ini adalah pertunjukan yang buruk, dakwaan dan hukuman yang akan dialamatkan kepada mereka yang mempertahankan kode nilai yang berbeda dengan mereka yang berada di balik hukum dan menurut kalian adalah satu-satunya yang dapat diterima.

Otoritas judisial dan segala sesuatu yang menggerakannya sedikitpun tidak sama sekali adil dan saya adalah tahanan yang menentangnya.

Sebaliknya ia justru memberikan perhargaan kepada mata-mata dan menyangkal dengan berbagai alasan ketika hal itu telah mempermalukan konsep kesetaraan dan harga diri. Keadilan yang kau wakili berisikan kalimat-kalimat semua untuk menutupi pemenjaraan, yang mengekang ruang dan kondisi-kondisi, dan bertujuan secara brutal menghancurkan seluruh jejak dari substansi menjadi manusia. Melalui sistem peradilan legal negara, kalian mempromosikan “kanibalisme” antar manusia, relasi yang dominatif dan eksploitatif dan pada akhirnya berujung pada instrumentalisasi manusia.

Kau mempertahankan kebebasan yang semu, kebebasan yang membutuhkan batas-batas, tentara, kekuatan keamanan, kamp konsentrasi dan klasifikasi antara mereka yang ilegal dan legal di roda yang kedua, ketiga atau keempat yang mana hanya posisi ekonomi dan sosial mereka hanya ditentukan oleh perjuangan untuk bertahan hidup, ketakutan dan apatisme dalam menikmati surga konsumerisme yang dibangun di atas hasil kerja yang menyedihkan dari mereka dan orang-orang di sekitar mereka.

Saya menolak kebebasan yang terbatas darimu, sebaliknya saya mencoba untuk membangun hubungan yang nyata dengan orang-orang di sekitar saya dan bertindak hanya berdasarkan kesadaran pribadi untuk menentang segala sesuatu di atas kebebasan individual saya, kebebasan yang tidak dan tidak akan pernah kau mengerti, karena satu-satunya relasi yang kamu miliki adalah dengan konsep yang sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan kebebasan itu sendiri.

Giorgos SARAFOUDIS

 

Source: Act For Freedom