Pengumuman ASIMETRIS Terkait Berita “Paulina”

asim1.jpgPada tanggal 23 Januari, ASIMETRIS mempublikasikan sebuah berita mengenai meninggalnya seorang kamerad anarkis asal Meksiko yang bernama Maria Paulina Inefavel Lorandi. Berita yang hari ini diragukan kebenarannya.

Penerjemahan berita ini dari ACT FOR FREEDOM NOW, sepenuhnya dalam kerangka penyebar luasan solidaritas atas kasus yang menimpa setiap anarkis di teritorial geografis yang berbeda. Hal ini tak bisa lepas dari posisi kontra-publikasi ASIMETRIS, di mana solidaritas adalah sebuah tindakan aktif dalam berbagai format. Termasuk di dalamnya duplikasi dan difusi sebagai kabar dari berbagai sudut bumi. Berita ini muncul di berbagai webblog dan situs dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, demi pesan solidaritas.

Sayangnya, berita tentang Paulina hanya merupakan gosip murahan di laman Facebook sebuah grup yang bernama Bloque Anarco Oriente (Indo: Blok Anarkis Timur). ASIMETRIS kemudian menemukan bahwa beberapa webblog yang awalnya juga mempublikasikan berita ini kemudian menghapus postingan tersebut, sembari mempublikasikan alasan di balik itu. Faktor lain adalah, kenyataan bahwa di webblog dari kamerad-kamerad di Meksiko ataupun Amerika Selatan, tak ada yang mempublikasikan berita mengenai Paulina. Hal yang makin menguatkan alasan ASIMETRIS untuk juga mengambil sikap.

ASIMETRIS menyatakan telah menghapus berita tentang Paulina, karena tidak ingin menjadikan webblog ini sebagai bagian dari gosip dan isu. Webblog ini adalah untuk katalis menuju chaos.

 

ASIMETRIS